Graha Tristar

Graha Tristar

Halaman

Jumat, 21 Agustus 2015

Salon Culinaire Chef’s Competition 2015

Akpar Majapahit Surabaya Raih Diploma Medal




Dalam rangka event Food Hotel Indonesia (FHI), tahun ini mengadakan kompetisi Salon Culinaire yang menjadi ajang bagi para chef hotel dan restoran se Indonesia untuk berlomba mengadu kemampuan serta keterampilannya. Point terpenting adalah faktor mental dan kreatifitas yang dikompetisikan pada lomba tingkat Nasional maupun Internasional itu. Bagi perwakilan Chef dari Akpar Majapahit, hal ini pertama kalinya mereka berpartisipasi dalam Salon Culinaire yang kebetulan saat itu diadakan di Jakarta. Mendapatkan “Diploma Medal”, dalam kategori “ Asian Creative Canape “ dan “ Australian Beef Challenge “ Di acara Salon Culinaire Chef’s Competition 2015, Chef Cindra Siendharta mengikuti kompetisi pada kategori “ Asian Creative Canape “. Chef Cindra memilih menu yang dilombakan lebih ke Indonesia Food, yang menurutnya dengan banyaknya hidangan khas dari Indonesia membuat kompetisi kali ini sebagai ajang memperkenalkan masakan khas Indonesia ke luar negeri. Dan dengan didukung ide dari teman-temannya, ia mencoba menggabungkan citarasa tradisional Indonesia dengan makanan luar negeri seperti Sushi. Hasilnya... Daging Rendang, Sate Blora dan Lumpia Semarang yang dibentuk mini terlihat cantik sekaligus lebih mudah untuk dinikmatinya. Dalam waktu kurang dari 45 menit, akhirnya medali “Diploma Medal“ berhasil diperoleh Chef Cindra Siendharta.

Sedangkan 2 orang chef muda dan berbakat (Chef Boediono Koeswadi dan Reza Pranata) mengikuti Kompetisi challenge kolaborasi pada kategori “ Australian Beef Challenge “ yang menyajikan 4 set menu dimulai dari appetizer, maincourse dan dessert dalam sekaligus dengan durasi waktu 2 jam yang diberikan oleh pihak penyelenggara bagi peserta untuk sudah siap plating. Chef Budi dan Reza Pranata mencoba memadukan Ilmu Westernnya ke dalam olahan daging sapi yang digrilled dan membuat cita rasa yang khas serta dipadukan dengan saus yang menyerupai foam atau busa ini, dan yang terakhir tak lupa ia tambahkan pula potongan sayuran yang fresh dan ditata cantik diatas piring sajinya. Dalam kompetisi challenge ini menu yang disajikan diantaranya seperti Mix Lettuce With Creamy Italian Dressing untuk appetizer, lalu Grilled Australian Beef with Brandy & Beans Sauce untuk main coursenya dan yang terakhir sebagai dessertnya ia menampilkan Pannacota with Strawberry Meringue. Tak sia-sia perjuangannya, hingga pada akhirnya Chef Budi beserta timnya mendapatkan “ Diploma Medal”, Bagi chef muda ini, perolehan medali “ Diploma Medal” menjadi sesuatu hal yang membanggakan bagi dirinya dan sekaligus mengharumkan nama almamaternya “ Akpar Majapahit “. Dari pengalaman 2 chef perwakilan Akpar Majapahit ini diharapkan nantinya dapat mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti challenge yang lebih menantang lagi untuk mereka ikuti baik itu kompetisi Nasional maupun Internasional. Sebuah prestasi yang membanggakan dari Akpar Majapahit Surabaya.



Anda ingin seperti mereka? Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk menempuh pendidikan dibidang kuliner dan pastry bakery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar